Translate

March 5, 2012

Akhirnya .. kena Chikungunya

Awalnya .. aku ngerasa seperti meriang .. panas dingin .. ga jelas. Aku pikir karena memang cuaca lagi pancaroba sebentar panas sebentar dingin. Tapi lama-lama kok merasa tulang pada ngilu.. persendian nyeri .. mulai dari telapak kaki, jari kelingking tangan kiri sampai punggung telapak kaki dan lutut, tak ketinggalan tulang punggung. Hari kedua, mulai panas tinggi .. sama Mama dikasih obat demam dan vitamin C. Setelah lihat gejala dan searching di internet, aku makin yakin klo kena Chikungunya. 

Mama bilang dulu pernah ada teman beliau kena penyakit ini juga, sampai ga sanggup bangun dari tempat tidur. Dan memang kalau ga paksa aku pasti juga ga sanggup bangun dari tempat tidur saking ngilu nya semua persendian dan belum lagi suhu tubuh yang panas. 
Suami langsung tanggap. Air kelapa muda dan minuman mineral botol besar langsung tersedia. Disuruh habiskan 3 botol dalam sehari dan air kelapa muda dari 2 butir kelapa. Alhamdulillah .. hari ke-tiga demam mulai menurun. Aku dah senang banget tapi ngilu sendi masih. karena demam udah turun aku ga konsumsi obat turun panas lagi. Jadi sama suami dicoba kasih jamu kapsul buah merah. Alhamdulillah juga besok nya langsung berkurang. Cuma badan dan seluruh tubuh rasanya gatal-gatal semua. serasa habis digigit ratusan nyamuk. 

Hari ke 4 aku udah ga konsumsi kapsul buah merah lagi .. juga obat turun panas juga ga lagi. Ehh hari ke-5 tiba-tiba panas lagi dan ngilu nya datang lagi. Aku pikir kemaren itu udah sembuh dan jangan-jangan malah kena lagi. Langsung minum air kelapa muda lagi dan kapsul buah merah lagi. Hari ke -6 berangsur demam berkurang dan ngilu pun berkurang dan tetap konsumsi buah meah tapi tidak obat demam lagi. Hari ke-7 tidak konsumsi buah merah dan juga tidak minum obat demam lagi. Sampai sekarang alhamdulillah sudah hilang semua keluhan akibat chikungunya tadi. 

Gejalanya memang mirip seperti demam berdarah. Cuma bintik-bintik merahnya kalau diregangkan kulit, akan hilang. tapi melihat demam nya sama seperti DBD sih menurut aku. Seperti pelana kuda juga siklus nya. Tapi aku googling di internet katanya chikungunya tidak mematikan dan berbahaya tapi menganggu dalam kegiatan sehari-hari sih iya. Masa penyembuhannya yang membuat kulit terasa gatal betul-betul menguji kesabaran. rasanya pengen digaruk terus. Makanya bedak anti gatal (aku pake bedak Herocyn) bener-bener membantu sekali. Mandi juga ga bisa jadi terpaksa lah mengikuti saran hubby untuk di lap-lap saja. Beliau telaten sekali mau lap-lap aku .. Thanks hubby ^^

Kebetulan sempat ambil foto lengan dan tangan waktu krumut (bintik-bintik merahnya) keluar dan lagi demam ... 



Begini penampakannya  .. 

6 comments:

A&K said...

hmmm semoga lekas sembuh ya,... supaya bisa kembali beraktifitas...

salam hangat dan follow juga
Revolusi galau

obat herbal demam berdarah said...

segera obati,,,,

Heni said...

Salam kenal :) Semoga cepat sembuh

Ujang Misbahudin said...

maap..ak lg kena juga niii.. cuma demamnya kena shari aja..linu" sampe 3 hr.. tapi merahny kok malah tambah banyak y huhu tangan kaki sampe wajah bintik" merah.. ilangnya sampe kapan y

Unknown said...

Itu saat gejala bintik bintiknya akan ada terus atau pas muncul. dlm wktu sehari bintiknya memudar atau ada trs gan..?

Unknown said...

Aku jga sama demam ya udh lewat 2 hri tpi bintik2 merah ya msh ada.malh makin bnyk tpi ko gatel banget ya