Translate

February 10, 2011

Warnet ada dimana-mana di Kota Padang


Menjamur sudah ... mudah sekali ditemukan .. dengan harga yang sangat-sangat bersahabat. Mulai dari Rp.4.000,-/jam sampai dengan Rp. 1.500,-/jam .. wowww ..

Aku jadi mikir .. bagaimana mereka bisa membiayai semua pengeluaran dan biaya operasionalnya setiap bulan dengan tarif segitu, bahkan dengan jumlah PC yang gak sampai 10 buah.

Dulu sekali .. di tahun 2004 waktu hubby pertama kali buka warnet.. tarif Internetnya Rp. 4.000/jam dengan jumlah PC 10. Rame nya minta ampun .. sampe rela antri berjam-jam demi bisa main internet. Sekarang wohohohoho .. dengan tarif yang diturunkan malah makin sepi .. sepi .. sepi ...

Lama-lama warnet ini bakal kayak wartel neh .. lama-lama disaat semua orang bisa mengakses internet dengana mudah melalui perangkat pribadi .. akan jarang sekali orang yang akan pergi ke warnet. Dan lama-lama .. musnah lah juga warnet satu per satu ..

Mungkin pada saat mengalami krisis saking begitu banyaknya warnet di Padang ini .. sudah saatnya mulai memikirkan usaha lain selain warnet bagi orang yang menggantungkan hidupnya dari warnet. Usaha lain yang tidak terlalu banyak menggantungkan rejeki dari banyak hal ..

Usaha warnet sebetulnya beresiko juga lho .. Gak seperti usaha buka rental PS. Kalau rental PS tergantung pada listrik .. kalau warnet tergantung kepada listrik dan akses. Jadi kalau salah satu mati .. warnet gak akan berjalan .. kebayang gak kalau di daerahnhya terkena pemadaman bergilir yang waktunya gak tentu? Di Padang pernah malah kena pemadaman bergilir sampe 5 kali sehari . Masing-masing 2 jam .. nah lho ...

Kenapa ya pengusaha Warnet ga saling bekerja sama untuk menyesuaikan tarif mereka?
Gak akan mereka itu mau. Satu warnet bersaing dengan warnet yang lain .. apalagi yang besar dengan jumlah PC yang banyak. Tak akan mau disuruh duduk berdampingan dengan warnet yang kecil yang hanya punya PC 6. Mereka bisa kasih harga murah .. karena PC mereka banyak. Jadi kemungkinan menerima user banyak pun ada. Sementara akses yang harus dibayarkan tetap sama walau jumlah PC nya banyak atau sedikit. Tergantung sekarang kecepatan akses untuk masing-masing user. Jadi kalau Pc banyak .. user banyak .. gak pakai router (sehingga akses terbagai adil untuk masing-masing user) .. user yang cuma main game online bisa dibuat gigit jari oleh user yang asik download tak kira-kira. Kesedot semua tuh bandwith nya ..

Sabar .. bersabarlah yang punya warnet kecil .. paling ga, tuh warnet dengan modal sendiri ga pake ngutang-ngutang hehe .. Jaga aja keramahan .. kebersihan .. kelengkapan .. jadi user yang main puas .. walau mungkin ga bisa ngasih harga miring kek yang punya warnet lebih besar. Percaya aja saudaraku .. yang namanya Rezeki itu ga bakal ketukar .. kalaua udah untuk kita .. ya gak akan diberikan kepada yang lain. Sabar dan tetap berusaha ya .. semangat !!!

No comments: