Translate

September 8, 2007

Pulang Kampung

Ceritanya .. kan udah mau masuk puasa. Kebetulan juga ada waktu luang, jadilah aku dan hubby ke Mudiak (Koto Kociak-Kab.50 Kota) kampung asalnya Papaku. Orangtua dari Mama dua dua nya udah almarhum, orangtua dari papa tinggal satu .. ya nenek.. Atuak udah berpulang beberapa hari habis aku married. Makanya aku sempatkan mengunjungi nenek menjelang masuknya bulan Ramadhan tahun ini.

Sebenarnya nenek udah lama nyuruh nyuruh pulang. Klo ada sepupu dari pihak Papa ke Padang, pasti nanyain kapan aku pulang. Soalnya nenek udah nanyain.. Maklum, cucu pertama beliau.. dan lagi pula.. aku dari kecil udah ditinggal sama nenek, waktu Papa masih tugas pindah pindah dan Mama harus nerusin kuliah. Alhasil.. jadilah aku anak kampung sana.. dan klo ditanya aku akan jawab kalau aku anak nenek, bukan anak Papa Mama hehehe.. lagipula umurku dan umur adik Papa yang paling kecil cuma terpaut 10 tahun.

Ini dua kalinya hubby ke kampung. Pertama waktu Atuk masih hidup.. waktu masih belum married, jadi hubby masih sempat nya ngenal alm.Atuk. Sedih juga sih klo ingat sama Alm. Atuk. Sebenarnya bliau itu orangnya keras .. Papa sendiri mengakuinya. Tapi sama ku gak pernah .. biasanya kan gitu ya klo kakek kakek sama cucu .. lebih daripada sama anak heheeh


Rabu,5 September 2007- 14.00
Berangkat hari Rabu siang, sengaja pilih rabu supaya besoknya kamis bisa jalan jalan ke Pakan Komih (Pekan Kamis). Nyampe di rumah nenek jam 21.00 malam. Soale ternyata utar mutar dulu tuh bus nya di Padang nyari sewa sampe dua jam lebih ..jadinya nyampe rumah nenek udah kemalaman. Udah gitu saking rada gelapnya sampe kelewatan pulak simpang nya.. hubby malah yang ingat .. tapi alhamdulllah sampe juga dengan selamat. Gak banyak yang berubah di kampung.. jalanannya tetap aja gelap.. yang ada cuma remang remang lampu rumah warga..yang kebanyakan pake lampu 5 watt huhuhu .. Nyampe rumah .. salam salaman .. tanyain kabar .. cerita cerita bentar trus tidur .. Capek banget .. pantat pegal karena kelamaan duduk. O iya sempat makan indomie goreng dulu .. soalnya laper boo!! makan terakhir aja jam 12 siang sebelum berangkat.

Kamis.. 6 September 2007
Pagi habis sholat subuh, agak terang dikit .. ke Pajak (Klo di mudiak sini Pajak itu sama ama kedai atau warung .. tapi klo di Medan .. kata hubby pajak itu sama dengan pasar) depan cari goreng pisang plus ketan. Hubby tuh yang pengen makan goreng pisang plus ketan plus teh manis panas.. untuk udara dingin disana .. nikmatt ..

Jam 8-an ke kuburan Atuk. Berdo'a dan membersihkan makam. Sekalian singgah di rumah Tek Fatimah, adik perempuan papa satu satu nya .. Kebetulan beliau juga jahit bordir jilbab.. sekalian lihat lihat deh .. Terus di kasih satu hehehe lumayan ..

Pulang dari rumah tek Timah siap siap mau ke Pokan Komih. Letaknya di Limbanang, sekitar 1 1,5 Km dari rumah .. udah termasuk desa tetangga. Yang ada disana?? Huuuu.. Sate kesukaan ku .. sate dangung dangung yang rasa asli. Beneran puas deh pokoknya .. Maknyosssss!!!Beli ikan kering belalang dan Ikan Tarubuak (lauak kukai klo di Padang, biasa dipake klo buat samba lado atau gulai pucuk ubi) pesenan Papa.. - untung lg musim, jadi ada .. biasanya tuh ikan belalang susah banget ditemuinya- Sekalian mau nemenin nenek belanja. Soalnya kamis depan kan udah masuk puasa.. orang orang di kampung bilangnya "Komih tingga ciek" alias Kamis tinggal Satu - sebelum masuk puasa. Pekan atau balai atau pasar tradisional .. juga jual macam macam seperti pasar pada umumnya .. rame banget .. mungkin juga pada siap siap mau masuk puasa yah .. jadi banyak kebutuhan .. lagian hari terakhir bisa makan sate di pasar hehehe

Biasanya berangkat ke Pokan Komih kami naik bendi. Tapi entah mengapa juga hari itu bendi langka sekali yang masuk ke desa kami. akhirnya numpang sama mobil orang kampung yang juga akan ke pokan. Pulangnya baru naik bendi.

Sebenarnya rencana awal, kembali dari pokan komih mau langsung siap siap .. balik ke Padang walaupun nenek kaget kok cepat banget .. tapi kemudian Roni - sepupu aku datang bawa mobil pick up nya .. jadilah kami jalan jalan .. ke rumah dia sekalian juga silahturrahmi ke tempat adik papa-Pak Etek Suman, bapaknya Roni - terus dibawa ke kandang ayam petelur milik keluarga mereka .. sambil cerita cerita prospek nya .. terus dibawa jalan jalan ke Bukin Cintuak .. ke Suliki .. dan entah kemana mana lagi. Ternyata.. kampungku indah sekali .. alamnya .. Duh kangen mau ke kampung lagi .. sambl jalan jalan kami rencanain nanti mau datang lagi bawa rombongan dari sini hehehe. Pulangnya udah jam 5-an. Siap siap mau balik ke Padang. Ternyataaa.. bus nya udah gak ada lagi. Kita coba nyari ke travel .. gak ada juga .. yang ada ketemu sama Buyuang dan Amai Nila di jalan .. persis sama seperti yang aku lihat di Kick Andy Metro TV. Masih mendorong gerobak nya berisi sapu .. Perasaan udah dikasih bantuan deh waktu itu .. dan sumbangan dari banyak kalangan .. ternyata mungkin yang namanya kegiatan sehari hari kali ya .. gak akan semudah itu lepas dan berhenti..


Udah di kejar sampe ke terminal di Payakumbuh .. gak ada juga bus nongkrong nunggu penumpang .. Akhirnya malam ke Harau .. tempat tinggal adik Papa yang paling kecil .. Pak etek Us. Jumpa sama istri dan anak bliau .. cerita cerita .. terus baik lagi ke Mudiak. Gak sempat ngambil gambar di Harau .. soalnya malam sih dan gelap .. Padahal bagus banget lho pemandangan bukit karangnya .. hiks .. Nyampe rumah nenek lagi .. nenek kaget hehehe Baik lagi? Tapi setelah dikasih tau .. baru deh bilau ngerti hehehe

Pulang dari Harau singgah dulu di pool Sinamar .. beli tiket untuk pulang besok .. seep dah .. tiket udah ada .. besok tinggal berangkat


Jum'at, 7 September 2007
Udah telpon Sinamar PO nya klo minta dijemput jam 3 sore .. maksudnya supaya hubby bisa sholat jumat dulu sebelum berangkat .. Sempat juga mijitin nenek dulu menjelang jam 3 .. udah lamaaa banget gak mijitin nenek .. badan bliau udah makin kurus aku tengok .. hiks.. nenek tetap aja kuat ngapa ngapain.. gak pernah mengeluh. Jam 3 kurang dikit udah standby nunggu jemputan .. tau nya gak muncul muncul .. sekalinya muncul bukan bus yang dimaksud .. tapi bus lain tapi masih Sinamar juga .. jadinya kami diturunkan di Limbanang. Nunggu nunggu lagi .. eh baru jam 17.30 bus nya datang. Nyampe di Padang udah jam 9 malam. Untung Alam adekku ada di warnet .. jadi bisa minta jemput ..

Nyampe langsung laper .. Beli Mie Goreng Aceh dan .. duduk bentar .. langsung tertidur. Capek sekaleee .. Mana di luar hujan dan dingin ..

Makanya gak sempat posting dan baru sekarang kesampaian .. Ini ada sedikit oleh oleh hasil perjalan kemaren..

Kuburan Atuk.Alm tersayang .. Semoga arwah beliau selalu diterima disisi-Nya .. Amin..

Ini dia pohon Pitulo .. sayur ke sukaan aku .. kebetulan nemu ditanam di samping rumahnya Tek Timah

Sekolah SD aku dulu waktu masa kecil di kampung .. dulu sih masih SD Inpres 4/78 namanya .. sekarang udah berubah jadi SD Negeri 09 Koto Kociak .. Ngambilnya dari jauh aja .. soale klo ketemu guru dulu wah .. bisa lama ceritanya :D .. lagian cuma lewat aja sih :)

Rumah Gadang Nenek .. dah lama nih umurnya .. sejak Nenek masih kecil udah ada .. udah beberapa kali renovasi juga .. Cuma sekarang gak ditempati lagi untuk sehari hari .. karena di bawahnya udah dibuat rumah juga .. ini untuk menyimpan foto foto dan beberapa barang barang lama aja ..

Kumpulan Bendi di Pokan Komih - Limbonang .. Angkutan Favorit warga desa klo pergi Pokan Komih .. Laku kerass hehehe .. Banyak penumpangnya .. Ongkosnya murah dink .. Rp.1.000/orang hehehee

Kesibukan di Pokan Komih .. Eh malah jepret orang lg jualanPisang Molen kecil .. yang harga nya seratus per buah :D

Jepret jepret waktu di atas bendi dan selisih jalan ama bendi lain ..


Hubby lg bawain belanjaan .. sistem nya nenek .. klo pergi belanja bawa gerobak .. terus mau pergi di titipin ke pajak depan .. pulangnya dipake lagi buat bawa belanjaan ke rumah

Kandang Ayam plus Ayam nya punya Pak Etek Suman - adik Papa.

Lihat telor ayam?? Duh gak nahan hehehe .. pengen manen maksudnya .. Eh ditawarin satu papan euy .. sebagai oleh oleh ..

Roni : Disana bang nanti kita buat villa .. Tanah sebelah sana nya buat restoran..
Hubby : Wah .. bagus juga tuh .. kandang ayam kira kira dimananya ya??
Wew .. bukan denk .. bukan ngomongin bisnis .. tapi ..
Roni lagi mamerin tempat mojok paling asik klo sore di atas bukit Cintuak .. halah halah .. Mojok pulak tuh .. enakan rame rame terus makan bareng bareng disana alias piknik dibawah pohon pinus..

Boss lg mikir .. kira kira prospek apa yah yang menjanjikan di tempat ini??


Bukit dan Sawah .. Hijau .. buat nyaman dan tenang .. beruntungnya punya kampung halaman disini ..
Gak ada alasan buat malas malas pulang kampung ..
Nongkrong sambil nengok ke bawah .. duh enaknya .. serasa gak rela klo semua ini berubah nantinya ..

Nemu cowoq ganteng anak tetangga .. hehehehe ..

Amit amit jabang bayi .. moga cakepnya nular klo nanti udah punya ndiri hehehehe .. Masih doyan susu .. - Little Marcel-

3 comments:

Vie said...

Aaahhh enak juga nih jalan²nya, ada gambarnya lagi, jadi puas liat suasana kampung. Memang betul² indah yg namanya kampung itu ya Lan. Udara masih bersih, apalagi klo bangun pagi² bisa ngirup udara yg lebih bersih lagi. Tempat ginian klo selama bulan puasa itu yg mengasyikkan. Soalnya terasa sekali.

Naik bendi lagi. Romantis sekali berduaan naik bendi.
Lucu ngeliat si abang ndorong wheel barrow gituan buat belanjaan. Aku kira lagi bawa pasir. Hehehe...

Itu pitulu disebut juga oyong kan? Disini juga ada oyong, syukur aku bisa beli disini. Ditumus aja pake air kuahnya yg banyak trus tarok su'un yg super halus itu. Suedeep!

Vie said...

Klupaan Lan, bebinya itu emang bener cuakep ah! Jgn takutlah, siabang cakep, Wulan ayu, ntar anak kelen pasti ketularan juga cakep ato cantiknya.

Unknown said...

Koto kociak atau kota kecil sama saja... ada photo Marcell anak Isil Lan...